Baca Buku Yuk



Membaca Itu Menyenangkan 
Ditengah pandemi seperti ini banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah membaca. Kegiatan ini mungkin kurang disukai sebagian orang, namun untuk beberapa orang, membaca justru sangat menyenangkan. Membaca novel, cerpen, buku apapun itu sangat bagus untuk kecerdasan. Menurut saya, kegiatan membaca apapun akan bermanfaat untuk kita. Jika belum bermanfaat untuk hari ini, mungkin suatu saat nanti, asal yang kita baca bukan gosip dan hal-hal yang kurang manfaat. Saya adalah orang yang aktif hampir di semua media sosial, dengan catatan saya membatasi apa yang saya baca di platfrom tersebut. Contohnya, di Twitter saya hanya sering membuka trending yang ada, dan membaca tweet receh yang menjadi ciri khas rakyat twitter. Di Instagram saya hanya membuka akun tentang informasi seputar dunia perkuliahan, beasiswa, dan dunia menulis. Saya tidak memfollow akun gosip atau akun yang sekiranya tidak memberi manfaat untuk diri saya. karena saya tahu semua media sosial itu toxid, jadi sangat membatasi penggunaannya. Selain menghemat kouta, juga membuat hati dan mental lebih sehat.
Kembali ke topik awal tentang membaca. Disini saya akan memberikan beberapa tips bagi orang yang ingin mulai membaca. 
Pilihlah buku, atau novel yang benar-benar ingin kamu baca. Najwa Shihab pernah berkata “Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca, cari buku itu dan mari jatuh cinta”
Jangan membawa review atau resensi buku yang akan kamu baca, ini akan membuatmu tidak penasaran terhadap isi buku tersebut.
Cari tempat dan suasana yang nyaman saat membaca buku. Dengan suasana yang nyaman, membuat kita betah menatap buku berjam-jam.
Matikan data seluler ketika membaca buku. Hal ini untuk menghindari agar kita tidak bermain sosial media dan membuat lupa bahwa tujuan kita adalah membaca buku.
Catat qoute yang menarik dari buku. Berilah coretan dengan pensil warna agar lebih menarik ketika kita membaca buku itu kembali.
Buat target sehari membaca minimal 10 halaman. Ini ampuh membuat diri kita menjadi kecanduan membaca meski hanya beberapa halaman. 
Ketahuilah bahwa membaca memiliki banyak manfaat. Perlu kita ketahui bahwa membaca sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak dan meningkatkan fokus. Untuk pembaca pemula seperti saya, tips diatas mungkin bermanfaat agar kita jadi hobi membaca.
Semangat membaca dan semoga bermanfaat.
(Buat kalian yang mulai mencintai membaca, aku punya saran buat baca buku “ Filosofi Teras” karena dalam buku ini relate banget sama permasalahan usia 20-an seperti saya. hampir sama dengan buku Mark Manson, tapi ini lebih ringan)

Komentar