Wisata Alam Lereng Kelir

Pemandangan dari puncak Lereng Kelir


Mungkin banyak orang yang belum tahu tentang wisata Lereng kelir. Letaknya yang tersembunyi namun menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Obyek wisata alam ini terletak di Getas, Jambu,  Kabupaten Semarang ini adalah satu tempat favorit bagi mereka yang suka nuansa alam. Lereng kelir berada di kawasan gunung Kelir, dan Telomoyo. Rute perjalanan dari Semarang kita ambil arah bawen kemudian belok kanan menuju Ambarawa. Sesampainya di jalan Semarang-Magelang yang menjadi patokan adalah Apotek Estu lalu belok kiri dan melewati gapura. Dari Semarang bisa memakan waktu selama 1,5 jam. Sedangkan untuk menuju puncak Lereng Kelir membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mendaki.


Selama pendakian kita akan ditemani dengan pepohonan yang rindang dan asri. Tempat yang jauh dari kota dan terbebas dari polusi kendaraan menyuguhkan udara yang sangat segar. Saat pendakian kita harus menyiapkan bekal yang cukup seperti, minuman dan snack. Hal ini dikarenakan jalur pendakian tidak ada penjual.

Setelah sampai puncak kita akan melihat keindahan yang membuat takjub dan tak berhenti mensyukuri ciptaan Allah Swt. Rasanya tidak sia-sia mendaki dengan medan yang terjal selama 2 jam. Di puncak Lereng Kelir kita dapat melihat hamparan sawah yang begitu luas, ada banyak rawa, bahkan Eling Bening dan Danau Rawa Pening  dapat terlihat dari sini. Sungguh indah bukan. Selain itu di puncak disediakan spot foto yang menarik seperti, ayunan jadi pengunjung akan merasa betah.

Lereng Kelir belum begitu dikenal masyarakat, tapi hal ini membuat suasananya tetap terjaga. Tidak ada polusi udara,dan  suara bising kendaraan. Angin sepoi-sepoi, suasan hening yang menenangkan, dan kicauan burung menambah kecintaan kita kepada alam.

Komentar