Syukuri Nikmat, Kurangi Sambat



Bersyukur adalah salah satu kewajiban kita sebagai umat manusia. Dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan bahwa bersyukur akan  menambah nikmat. Namun hal itu sukar untuk dilakukan. Sebagian dari kita lebih sering sambat dari pada mensyukuri nikmat Allah. Setiap hembusan nafas kita adalah nikmat, tapi kita lebih sering mengeluh ketika ada masalah bukan. Gimana sih caranya bersyukur?

Iman memang suka naik turun. Saat sedang berada diatas kita sering lupa dengan Allah, namun saat sedang terpuruk kita baru ingat dengan-Nya. Ini masih mending, daripada saat senang maupun susah tidak pernah ingat sama sekali dengan Allah.


Mensyukuri nikmat Allah adalah dengan cara memanfaatkan apa yang telah Allah kasih dengan sebaik-baiknya dan hanya untuk mengharap ridho-Nya. Contoh kecil mensyukuri nikmat sehat adalah beribadah kepada Allah dengan maksimal misalnya dengan sholat tepat waktu. Hal lain yang dapat dilakukan yaitu saat kita diberi rezeki lebih, jangan lupa untuk bersedah kepada mereka yang membutuhkan.

Adapun kiat-kiat agar selalu bersyukur yaitu

·         Selalu mengingat kenikmatan Allah Swt

·         Tidak mengeluh ketika mendapat masalah

·         Selalu melihat kebawah bahwa banyak orang yang tidak seberuntung kita

·         Selalu mengingat bahwa semua yang ada di dunia adalah milik Allah

·         Perbanyak dzikir dan istighfar

Mengeluh tidak menyelesaikan masalah, justru membuat hati kita gelisah. Mulailah dari sekarang untuk selalu mensyukuri hal-hal kecil dengan mengucapkan Alhamdulillah. Dengan bergitu hati kita akan merasa tenang dan kita akan terbiasa untuk bersyukur. Bukan sesuatu yang sulit jika kita lakukan dengan ikhlas.
Sudahkah kita bersyukur hari ini? Jika belum, mari bersyukur atas limpahan kenikmatan yang telah Allah kasih. Masalah yang kita hadapi adalah bagian dari cara Allah agar hambanya lebih mensyukuri nikmat-Nya.

Komentar