Corona Bukan Aib, Tapi Penyakit


Akhir-akhir ini banyak berita tentang pasien yang berbohong kepada tenaga medis saat dimintai keterangan. Hal ini menjadikan pasien Covid-19 melonjak tajam. Hal ini berhubungan dengan kejadian beberapa waktu lalu adanya penolakan jenazah perawat korban Covid-19 di Ungaran Jawa Tengah. Hal tersebut menjadikan orang yang positif Covid-19 tidak berkata jujur kepada para medis. Hal ini tentu tidak baik dan tidak dibenarkan.

Sikap masyarakat yang menolak jenazah, mengucilkan orang postif Covid-19 bahkan mereka yang masih berstatus Odp dan Pdp juga ikut diajuhi ini justru merugikan banyak pihak terutama tenaga medis.
Mereka tidak jujur sudah positif Covid-19 hingga banyak tenaga medis yang tertular. Jika sudah begini siapa yang mau disalahkan? Semua pihak pasti dirugikan. Masyarakat seharusnya bersikap lebih bijak lagi dan tidak tergesa-gesa dalam bertindak. Jika tenaga medis sudah tidak mau lagi merawat mereka yang terkena Corona apa yang akan terjadi?
Sosialisasi kepada masyarakat tentang pemahaman Corona tentu perlu ditingkatkan lagi agar persepsi mereka tidak salah kaprah. Virus ini memang berbahaya, tapi bukan berarti tindakan masyarakat dengan menolak jenazah adah suatu pembenaran. Apalagi yang ditolak adalah perawat yang bertugas untuk merawat pasien Covid-19. Jika bukan perawat sekalipun, masyarakat tidak berhak untuk menolak jenazah korban lainnya.

Corona adalah penyakit, bukan aib yang harus ditutup-tutupi. Maka jangan takut jika sudah positif terkena Corona. Berkata jujurlah kepada tenaga medis, karena hal itu sangat membantu mereka. Jika ingin sembuh maka tidak perlu takut untuk berkata sebenarnya, karena tenaga medis pasti akan menangani dengan tulus dan sesuai SOP.
Semua orang pasti ingin sehat dan terbebas dari virus ini. Maka dari itu marilah bergerak bersama agar pandemi ini segera berakhir. Kita semua tentu ingin kembali beraktivitas seperti biasa.
Semoga pandemi ini segera berakhir. Jangan lupa untuk selalui cuci tangan dengan sabun, tetap berada dirumah dan hindari keramaian. Pemerintah dan tenaga medis sedang berjuang keras agar ini segera berakhir dan tugas kita adalah membantu mereka dengan mentaati semua aturan.



Wahyu Lelyana, 2020




Komentar