Habbit



Kebiasaan baik yang saya mulai tingkatkan di tahun ini : 
Minum air putih Air putih sangat penting bagi tubuh kita. Sewaktu merantau jarang banget minum air putih. Habis makan lebih sering minum es teh, maklum aja anak kos. Sekarang, lebih menciba untuk hidup sehat dengan memperbanyak minum air putih. Saya sendiri merasakan perubahan saat mengkonsumsi air putih dengan cukup, misalnya Bab lancar, tidak mudah capek dan lesu, dan badan menjadi lebih sehat tentunya. Olahraga Setiap hari usahakan olahraga minimal 10 menit, bisa olahraga ringan sampai yang berat. banyak sekali video yang bisa ditonton di Youtube, jadi tinggal pilih mau yang mana. Biasanya saya usahakan pemanasan selama 7-10 menit, lalu lanjut jalan kaki sekitar 10 menit. Sederahana, tapi mungkin akan berdampak besar suatu hari nanti. Saya juga berusaha untuk aktif bergerak terutama kaki. Karena kebanyakan lansia yang mempunyai masalah dengan otot kaki. So, jangan lupa olahraga ya kawan. Menekuni Hobi Siapa yang masih bingung dengan hobi sendiri? Sama, dulu saya juga tidak tahu hobi saya itu apa. 
Tapi belakangan ternyata saya menyadari bahwa menulis adalah kebiasaan saya dari kecil. Entah itu menulis catatan pelajaran atau menulis curhatan di buku diary. Ternyata menulis semenyenangkan itu. kita bisa meluapakan semua perasaan tanpa perlu risau. Saya mulai aktif kembali menulis saat pandemi ini. Ada beberapa tulisan yang saya publish di blog pribadi, ada yang hanya untuk konsumsi sendiri. Saya juga mempunyai buku khusus untuk menulis keseharian saya. Dan saat ini saya sedang menulis Bullet Journal juga untuk kebutuhan pribadi. Coba kenali dulu apa yang menjadi kesenanganmu, coba untuk tekuni siapa tau itu adalah jalan menuju gerbang masa depan yang gemilang, hehe. Belajar Bahasa Inggris Hmm, saya rasa terlambat jika belajar bahasa Inggris sekarang, tapi ya daripada tidak sama sekali kan ya. Saya belajar dengan melihat video dari youtube. Sehari minimal 10 menit menonton video percakapan maupun podcast. Dengan belajar secara konsisten, semoga nanti bisa berbahasa Inggris dengan baik. kalau temen-temen lagi suka belajar bahasa apa nih ? Mendekatkan Hubungan dengan Tuhan Tuhan tidak pernah meninggalkan, apapun keadaan kita. Saya pernah menyalahkan Tuhan karena kehidupan saya yang menurutku berantakan. Saya pernah berfikir bahwa Tuhan meninggalkan saya saat saya sedang terpuruk, but, NO!! Pikiran saya salah. Saya yang belum bisa menerima kenyataan selalu menyalahkan Tuhan. Dalam hidup harus ada perubahan, dan harus ada yang diperbaiki. Mungkin mendekatkan diri dengan-Nya adalah salah satunya. Saya perbaiki ibadah saya, selalu berusaha menerima semua takdir, dan menjalani hidup dengan penuh syukur. Tak lama saya menemukan jawaban. Ternyata ujian yang sudah kulewati dengan penuh air mata menjadikanku manusia kuat. Lebih siap saat menghadapi masalah baru. Kadang memang Tuhan ingin hamba-Nya dekat, dengan menguji kesabarannya dalam menghadapi masalah. Membaca buku Salah satu habbit yang aku suka adalah membaca. Biasanya saya membaca buku non fiksi, Quora, Medium, media online bahkan jikes di twitter. 
Membaca sangat baik untuk kecerdasan otak. Salah satu buku fiksi yang pernah saya baca adalah Bumi Cinta karya kang Abik yang membuat saya lebih jatuh cinta lagi untuk selalu membaca. Saat kita membaca, perbendaharaan kosa kata kita menjadi banyak, kita lebih tahu tentang dunia luar, dan saat bertemu orang yang berwawasan tidak akan minder. Jadi, ambil bukumu mari mambaca! Mendengarkan podcast, dan menonton film dokumenter Salah satu channel youtube favorit saya untuk menonton film dokumenter dalah Watchdoc. Karya Bung Dhandy dan tim yang sangat-sangat luar biasa menginspirasi. Untuk podcast saya sering mendengarkan Haris Azhar yang lebih banyak membahas tentang bagaimana HAM di Indonesia. Kadang juga podcast Dedy Corbuzier, tapi tergantung bintang tamunya juga. Tontonlah sesuatu yang membri ilmu dan wawasan untukmu, sesekali boleh nonton hiburan tapi jangan keterusan ya! Berdamai dengan diri sendiri Sudah tidak lagi menyalahkan orang lain bahkan menyalahkan Tuhan atas apa yang sudah terjadi. Berdamai dengan diri sendiri adalah pilihan dari pada harus terus menerus mengeluh. Butuh waktu yang cukup lama, tapi jika kita belajar untuk ikhlas dengan semua keadaan, hati kita pelan-pelan akan menerima. Semangat yaa dalam menjalani setiap harimu. Semoga selalu bahagia dan menyenangkan.

Komentar